Sabtu, 08 Oktober 2011

FEELING GADUNGAN

Gue pernah punya motor Harley Davidson. Tapi boong.hehe. Yang gue punya adalah sebiji motor yang gue beri nama “Isabella” dan selalu setia menemani gue dalam kondisi apapun. Saat gue sakit, saat gue sedih, saat gue sendirian, saat panas, saat hujan. Tapi dia nemeninnya di garasi aja, dan gue di dalem rumah(kayanya emang harus gitu deh?) Pokoknya kalo si Isabella bisa idup kaya manusia udah gue kawinin dah. Tapi hidup bersama motor bernama Isabella ini juga ada suka dukanya.

Pada suatu hari gue sama si Nasi ngerencanain buat pergi wisata ke Candi Borobudur. Habis gue bingung mau pergi kemana, udah bosen liat pemandangan Jogja. Kalo di perkirakan sih jaraknya lumayan jauh juga dari rumah gue. Tapi karena gue dan si Nasi hobi traveling jadi ya no problem. Gue udah persiapin mateng-mateng rencana ini, dari yang udah siap-siap bawa mantel kalo tiba-tiba ujan, bawa batu kalo misalkan gue kebelet boker ditengah jalan(menurut mitos sih katanya kalo batu dimasukin ke saku nanti jadi enggak kebelet lagi. ), terus bawa payung. Katanya kan ‘Sedia payung sebelum hujan’ yaudah gue nurut bawa payung mumpung cuaca lagi cerah, nanti kalo misalkan besok ujan.. gue gajadi bawa payung soalnya gak ada kan pepatah ‘Sedia payung setelah hujan’. Mantap.

Keesokan harinya gue pun berangkat dari Yogyakarta menuju Magelang bersama si Nasi menuju ke Borobudur. Dengan modal nekat dan nggak ngerti jalan dan tanpa sangu doa restu dari para leluhur, gue pun tetep melanjutkan perjalanan. Yang perlu kalian ketahui, entah kenapa kalo setiap pergi pergi keluar gue cenderung lebih suka untuk memilih rute jalan yang lebih jauh. Alasannya sih cukup klasik dan sangat sederhana : biar waktunya lebih panjang. Gue memilih untuk melewati daerah Rumah Sakit Jiwa Pakem yang terkenal itu sekalian mau ngambil rapot tanda kelulusan gue dari sana. Enggak ding.hehe.

Sesampai disana, gue bingung, anda bingung, kita semua bingung(lho?). Udah enggak tau mau kearah mana, dan akhirnya gue pun memutuskan untuk bertanya pada seseorang. Tapi emang dasarnya aja gue yang dodol, gue malah nanya sama kakek kakek.

Gue : “ Kek, tau arah ke Borobudur enggak?”

Kakek : “ Apa nak? Borodubur?”

Gue : “ Bukan Borodubur kek. Borobudur. Kakek tau nggak jalan ke arah sana?”

Kakek : “Nak, kamu sakit dubur ya? Kakek enggak bisa bantu. Kakek bukan dokter. Kamu sakit apa tadi nak? Kakek lupa.. “

Gue : “Kek.. Saya enggak sakit. Sehat walafiat damai sentosa kayak nama bus antar kota antar provinsi gini lho. Saya cuma mau tanya ke Borobudur lewat mana ya kek ya?”

Kakek : “Borok dubur? Nak disitu di dekat situ ada klinik puskesmas. Sana kamu kesana aja, kakek enggak tega, mau kakek antar?”

Gue : “ (Ngeliat kearah si Nasi yang udah nahan ketawa sampe merah semua mukanya kaya kesirem aer panas) udah kek makasih. Saya udah sembuh. Udah enggak borok dubur lagi kok kek. Aman aman. Dada kakekk.”

Gue langsung pergi meninggalkan kakek yang lagi duduk duduk di teras rumahnya itu. Sebenernya si kakek itu berniat baik, tapi.. enggak enggak enggak. Masa iya gue dikira punya penyakit Borok Dubur? Penyakit apaan tuh? Enggak elit banget. Gue bukan penganut paham CLBK (Cebok Lama Bersih Kaga) jadi penyakit itu enggak mungkin kena gue. Emang gue lagi kena azab kaya di sinetron Hidayah?

Akhirnya gue nyuruh si Nasi yang tanya biar enggak terjadi kesalahan yang ke 2 kali. Nasi bertanya pada tukang jual bakso yang lagi jualan di pinggir jalan. Dia nunjukin ke kita suruh jalan ngikutin jalan raya terus kalo udah nemu persimpangan habis itu belok kiri, belok kiri lagi, belok kanan, dan gue lupa. Sekitar 1 jam gue berkendara mengikuti petunjuk dari abang tukang baso itu, gue ngeliat ada persimpangan jalan tapi enggak ada penunjuk arahnya. Gue mau tanya lagi, tapi disini ternyata adalah jalan utama, jadi gue enggak bisa sembarangan melipirin motor ke pinggir buat nanya. Yasudah, dengan penuh percaya diri pun gue ngikutin kata hati gue. Yaitu : Belok ke kanan.

Selama ini gue selalu ngerasa kalo gue itu punya feeling yang kuat, jadi gue enggak ragu buat ngambil keputusan ini. Kan feeling gue kuat..

Nasi : “eh beneran kamu mau ambil yang belok ke kanan?”

Gue : “iyaa, tenang aja.. lihat dan perhatikan baik baik”

Nasi : “uhmmm..okee”

Gak lama kemudian gue langsung banting setir ke kanan dengan penuh keyakinan dan doa yang kupanjatkan pada Tuhan. Dengan penuh percaya diri gue mengarungi jalan yang gue pilih. Gue sempet bilang gini sama si Nasi

Gue : “Ntar kamu waktu di Borobudur jangan lupa pake topinya ya. Disana panas lho. Tar kamu item lagi. Tar kamu enggak aku panggil nasi lagi kalo udah item, tapi ntar aku panggil Nasi kecap.. mau?

Nasi : “ iyaaa iyaa, aku udah bawa topi kok”

Setelah kira-kira 30 menit berlalu, gue nyari petunjuk jalan yang menunjukan lokasi Borobudur itu berada. Oh my god, gue sudah dapat melihat papan berwarna hijau yang terpasang dengan indahnya di tepi jalan sekitar 100 meter dari tempat gue sekarang. Berati gue udah mau sampe Borobudur nih. Mantapp. Sesampainya di papan hijau indah itu, gue baca baek-baek. Dan ternyata papan itu menuliskan “Selamat Datang Di Yogyakarta. Jogja Never Ending Asia. By : Garuda Airlines”. Dueeeeeerrrrrrrr… Bumi ngglundung kesana kemari. Ternyata tadi di persimpangan jalan sebelumnya seharusnya gue milih arah ke kiri biar sampe ke Borobudur. Gue malah ngikutin feeling gadungan gue yang mengatakan harus ke kanan. Preet.

Ya dengan terpaksanya gue balik lagi ke Jogja karena waktu sudah menunjukan pukul setengah 3 sore. Kalo gue kesana, bisa-bisa tar sampe Jogja kemaleman lagi. Yasudah lah ikhlasin aja, anggep aja sedekah(sedekah sama siapa res?)

Sampe di rumah gue ditanyain sama babe gue.

Babe : “Gimana tadi? Seru nggak?”

Gue : “Seru pa.. Seru banget ngitungin ngelewatin berapa banyak lampu merah tiba-tiba udah nyampe rumah aja.”

Babe : “Lho kamu itu udah sampe tempatnya belum kok malah sibuk ngitungin lampu merah?”

Gue : “Habis ngitungin lampu merah seru banget pa. Kaya power ranger.”

Babe : “Istirahat dulu sana ngaco gitu omonganmu. Kebanyakan berjemur otakmu jadi meleleh sekarang ngaco gini.”

Dan babe gue masih belum tau kalo gue nyasar dan akhirnya balik lagi ke rumah. Yasudah biarkan saja paling enggak nama baik gue masih terjaga. Gue mau tidur istirahat dan berharap di mimpi gue pergi ke Borobudur. Tapi kenyataannya gue malah mimpi dikejar kejar kuntilanak bawa kecrekan pengamen.

1 komentar:

lll123 mengatakan...

haha. kacrut. ada2 aja.

#salam kenal yah.

Posting Komentar